Istilah Istilah Khas Santri

Istilah Santri Didalam dunia santri ternyata ada banyak istilah-istilah santri, yangdigunakan untuk menyebutkan sesuatu atau kegiatan aktivitas sehari-hari yuk langsung kita bongkar…

SANTRI KALONG

santri kalong

Yang kita tahu namanya santri itu menetap di suatu tempat yaitu di pesantren dan jauh dari rumah jauh dari keluarga.

tetapi ada istilah santri kalong, gelar ini diberikan kepada santri yang pulang pergi kerumah karena rumahnya yang cukup dekat dengan pesantren.

tetapi tidak mengurangi aktivitas aktivitas pengajian dan istiqomah mengikuti pengajian, adapun santri uang menetap disebut santri mukim.

KOBONG

kobong

Kobong adalah tepat tinggal santri (kamar) yang disebut kobong yaitu bangunan sederhana yang terbuat dari kayu bambu dan bilik.

tapi sekarang juga banyak pesantren pesantren yang sudah menggunakan bangunan-bangunan permanen yang fasilitasnya sudah memadai bagi santri.                                                          sehingga santri pun merasa betah di pesantren.

KHODIM

khodim santri

Khodim berasal dari bahasa arab yang berarti orang yang melayani. yakni gelar bagi santri yang melayani kebutuhan kiyai nya.

Adapun aktivitas nya disebut khidmah, Tujuan menjadi khodim yaitu mencari kerelaan hati sang kiyai dan mengalap berkah.

sebagai tanda trimakasih kepada guru, sehingga ilmu yang sudah ia dapatkan menjadi manfaat dan barokah.

BABACAKAN

makan bersantri

Kegiatan makan bersama bagi para santri, tapi bukan hanya sekedar makan bareng. biasanya ada hal lain seperti tamatan kitab, syukuran, mendapat rejeki lebih dan lain lain.

makan disajikan diatas daun pisang atau kertas nasi yang dijejerkan sengingga menjadi panjang.

NYORET

santri nyoret kitab

Yaitu aktivitas mengaji, ketika guru membacakan makna setiap lafadz dan santri menulisnya dibawah lafadz retsebut di dalam kitab.

Biasanya dengan menggunakan bahasa jawa atau sunda yang memakai huruf arab. tapi ada juga yang memakai bahasa indonesia seperti di pondok moderen.

SOROGAN

SOROGAN

Yaitu kegiatan santri yang menyetorkan hasil hafalan nya kepada pembimbing setelah menghafal sepanjang hari.

santri menalarnya dengan bergiliran maju dan pembimbing memperhatikan, dan mengoreksi kesalahan santri.

NADZOMAN

santri nadzoman kitab

Merupakan rutunitas santri untuk menjaga hafalannya supaya tidak lupa, menyairkan bait-bait kitab dengan berbagai lagam.

biasanya di nadzomkan pada waktu waktu tertentu seperti sebelum melaksanakan pengajian dan sambil menunggu guru masuk ke kelas.

MUTHOLAAH

mutholaah santri

Adalah kegiatan santri setelah selesai mengaji untuk mengulang pembahasan apa yang tadi telah disampaikan oleh guru.

Biasanya bisa dilakunan dengan sendiri atau berbarengan dengan yang lain ketika ada yang ketinggalan memaknainya bisa sama sama menyempurnakannya.

MARHABANAN

baper mantan

Bisa disingkat BAPER MANTAN Adalah kegiatan rutin berupa pembacaan shalawat dan teks Maulid Nabi Muhammad Saw. dalam syair-sayir maupun karangan para ulama.

seperti rawi, maulidiba, barzanzi yang diiringi dengan hadroh.

MUHADLOROH

MUHADOROH

Yaitu kegiatan santri untuk belajar berpidato atau ceramah dihadapan semua santri, dan biasanya dijadwal.

dari hasil muhadoroh bagi santri santri yang terbaik bisa ditampilkan lagi pada muhadoroh akbar.

ISMAM

ISMAM

ISMAM adalah singkatan dari Ikatan Santri Ma’had Al-Mu’awanah, ismam ini adalah organisasi kepengurusan santri atau sebagai penggerak dalam semua aktivitas santri.

dan ismam juga ada tugas tugas di setiap bidang masing masing nya seperti : jamaah, pendidikan, keamanan, kebersihan, dan kesehatan.

TAKZIR

takzir santri

Adalah istilah hukuman bagi santri yang melanggar peraturan atau tidak mengikuti rangkaian kegiatan pondok.

jenis takzir bermacam-macam sesuai apa yang dilanggarnya, dan harus berurusan dengan bagian keamanan dari ISMAM atau Pengurus pondok.

Tinggalkan komentar