Ilmu Fiqih-Kenapa Kalo Perempuan Wudhu Harus Pipis Dulu.?

Kita belajar ilmu fiqih bareng-bareng yuk… Ada yg tahu maksudnya pipis dulu sebelum wudhu ?
tentang ibu2….rempong dengan mbak2… nya yang habis pulang dari pondok..,.

Mbak,…… tanya dong!!….. Saya sering lihat mbak2 santri kalau mau sholat, wudlu ribet banget,
katanya WAJIB pipis dan WAJIB lepas celana dalam.
Emang ada dalil yg mewajibkan itu semua…..?

JAWAB : Ndak ada dalilnya say,,,,,,, Cuman ketika hendak sholat kan memang harus suci tubuh, baju, mukena plus tempatnya.
Yuk…Kita Bahas dari Segi Tubuhnya.

Badan

Kita mulai dari Badan yaaa,,,,
Untuk setiap perempuan memiliki ruthubatil farji (keringat vagina) , yang selalu basah/lembab diarea kewanitaannya.
dalam hal ruthubah (Cairan) ini dibagi menjadi tiga, ada rutubah (Cairan) yang kluar dari dalam, ada yg kluar dr area tengah2,
ada yg kluar dr luar (bibir vagina).

-Jika ruthubah keluar dr dlm, jelas najis dan harusdibasuh,
-Jika dr tengah, maka ada qoul yg bilang najis danada yg bilang tidak najis,
-Jika yg kluar dr luar atau area bibir farji makasepakat ulama tidak najis.

Dalam hal ini, hanya dokter kewanitaan yg bisa mendeteksi itu kluar dr dlm,tengah atau luar.
Kalo kita ndak bisa membedakannya setiap saat.

Untuk cairan yang keluar dari vagina wanita adakalanya cairan itu putih bening atau kuning encer, yg biasanya keluar ketika muncul syahwat cairan ini dinamakan madzi.

Lalu cairan yg berwarna putih, keruh kental yg biasa keluar setelah kencing atau ketika mengangkat beban berat cairan ini dinamakan wadzi.

Kedua cairan tersebut najis jadi harus disucikan ketika hendak sholat maka dari itu dianjurkan melepas CD membersihkan vagina kemudian baru berwudlu.

Untuk bersuci ,Diutamakan air pancuran atau air yg mancur bisa dengan selang atau shower. jika gak ada, boleh dengan menggunakan gayung.

Ketika mau mensucikan dg stengah berdiri mohon maaf paha jagan nyingkup, utk memudhkan membersihkan lebih baik dibuka agar lipatan bisa terjangkau. Jika sudah dibersihkan baru di basuh dari puser kebawah.

Semua wanita memang mengeluarkan cairan (keputihan) tapi ini bisa di hindari / mengurangi dengan menjaga kebersihan farji, caranya setelah pipis keringkan pakai handuk kecil kusus buat itu, pastikan harus kering karena cairan itu keluar karena farji yg lembab.

Jika terpaksa pipis dengan jongkok di toilet, maka posisinya di balik badannya, jangan posisi seperti BAB dan air pipisnya jangan di jatuhkan pas di air tapi agak ke pingir biyar tidak mbalik airnya ke tubuh/CD dan di saat membersihkan posisinya sama tp pelan-pelan aja saat menyiramkan airnya.

Dari keterangan dia atas , demi berhati2, kita diharuskan membasuh area kewanitaan sebelum berwudlu Alias pipis dulu, supaya sempurna dan tidak batal wudhu nya Pahaaaaammm??? Lanjuuut,,,,

Pakaian

Baju harus suci,,,, kalo baju insyaAllah yakin suci, Tapi kalo celana dalam (CD) …..?.?.? Hati hati ya,,, CD harus dilepas semua ketika pipis,
jangan sampai dilepas sampai lutut ajah,trus pipis sambil ndodok, uda dipastikan CDnya ikut kena najis karena kena percikan pipis.

Khusus untuk perempuan.
Ketika bersuci utk perempuan sehabis pipis, jangan sambil duduk(nongkrong) dikarenakan ketika menyiramkan air, pasti percikan air akan kembali ke bagian tubuh, mohon maaf apalagi jika cd ga dilepas. di perparah jika dikloset, klosetnya mengandung air. Sudh pasti percikan tersebut kembali kebagian tubuh.

Jika sambil berdiri sempurna… Air utk bersuci tidk merata, mohon maaf krn wanita area tersebut banyak lipatan.
Lebih baik bersuci setengah berdiri, akan mudah dibasuh lipatan, juga Akan meminimalkann percikan air yg kembali ketubuh, meskipun ada percikan itu dibagian kaki… Dan mudah disucikan.

Lanjuuuut,,,
Mukena,,,, kenapa ada sebagian ponpes yg mewajibkan mukena terusan….?? Kenapa tak boleh mukena potongan…???
Sebab mukena potongan susah untuk sah sholatnya.

Kok bisa????
Bisa doooong,,,, penjelasannya panjang gaessss,,,, Yang jelas, Pelajaran seperti ini hanya ada di ponpes, tdk ada di sekolah2 umum,.
Makanya mondok!!!

Yang Bukan Aurot Wanita Ketika Shalat

1 Wajah

Muka memang buknlh aurot wanita ketika, sholat jadi hati-hatilah, ketika menggunakan mukena, biasanya Perempuan yg memakai mukena potongan maupun tidak, menaruh tempat dagunya pas dibatas leherr, bukan didagu,, padahal dari batas leher sampai dagu itu bukan trmasuk wajah, jadi harus tertutup,

2 Telapak Tangan

Disini yang tidak trmasuk Aurot sholat, adalah telapak tangan,
jadi Ketika yg sholatnya menggunakan mukena potongan haruslah sangat hati2,

*Ketika takbir, biasanya mengangkat tangan beserta mukenanya(saya Kira prakteknya udh tau) maka saat iTu pula, apabila tmn2 tidak memakai baju panjang, bisa jadi seluruh tangan anda kelihatan, itu bisa membuat sholat anda tidak sah, atau harus diulang. Maka lebih amannya menggunakan mukena terusan.

*ketika rukuk, apabila mukena potonganya tidak panjang, bisa jadi Ketika rukuk Kalo dilihat dari tempat sujud kok aurotnya kelihatan , maka tidak sah,

*kaki, Ini sering sekali saya lihat, banyak orang yg memakai mukena potongan apalagi yg bawahnnya pendek.
untuk jidat usahakan dari Alis sampai slayer atop daleman, lebarnya kurang lebih 3 jarii, gituuu say..
maka dari ituu belajar beribadah jangan asal asalan saja…

Nah itu penting nya belajar ilmu fiqih sangat bermanfaat khususnya bagi kita sendiri agar ibadah kita sempurna sesuai dengan fiqih, karena ilmu fiqih juga termasuk ilmu yang dasar yang harus pertama dipelajari.

yuuuuuukkk anak anak kita.. masukin ke pondok pesantren yang benarr.. karena belajar ibadah disitulah tempat nyahhh…
# maaf kalo ada yang salah yah….

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: