Keistimewaan Hari Jum’at Bagi santri

 

Aktivitas santri setiap hari sangat beragam, waktu demi waktu dilewati apalagi sekarang ada penetapan kurikulum Full Day School.

Semakin padat nya kegiatan terasa waktu berjalan sangat cepat bagaikan air yang mengucur. santri harus bisa pandai-pandai mengatur waktu untuk belajar, menghafal, mutholaah dan istirahat.

Terkadang para santri merasa bosan akan waktu yang begitu padatnya sehingga butuh refresh untuk mengistirahatkan dan memanjakan badan mereka.

Di pesantren, Hari Jum’at adalah hari yang paling ditunggu tunggu oleh para santri,Selain hari jum’at adalah Sayyidul Ayyam yaitu rajanya hari.

banyak faidahnya, juga menjadi hari yang istimewa yaitu libur jadi sangat dinantikan oleh santri.kira kira apa sajakah keistimewaan nya bagi para santri yuk langsung ajah otw….. ehh otw kamana..

1. Hari Libur

almuawanah fc

 

Di pesantren kebanyakanya hari libur jatuh pada hari jum’at, meskipun tidak semua pesantren libur pada hari jum’at ada juga yang hari minggu.

Hari libur tentu saja hal yang sangat dinanti oleh banyak santri selain bisa istirahat. mereka juga bisa melakukan kegiatan lain.

seperti hobi mereka Rebahan santuy, membantu umi, mencuci pakaian ada juga yang dipakai menghafal karena semagatnya belajar dan lain sebagainya.

Hari libur jumat ini sangatlah dimanfaatkan dengan baik oleh para santri, maka tak heran hari jumat merupakan rahmat bagi para santri.

2. Jumsih (Jum’at Bersih)

santriawati rajin

jika dibandingkan dengan hari-hari lain tentunya hari jum’at hari yang paling bersih, mengapa tidak karena pada hari jum’at santri diwajibkan membersihkan pesantren.

meskipun setiap hari juga berjalan jadwal piket tapi terbatas dengan kegiatan sekolah. kalau hari jum’at bahkan sampai ke bagian yang detail.

seperti di solokan halaman depan, halaman belakang mengangkat kayu bakar, menyapu dan mengepel dan lain-lain.

2. Izin Keluar

santri ngabakso menes

 

Karena ada peraturan yang melarang santri untuk keluar dari lingkungan pondok, maka dibuatlah praturan izin pada hari jum’at.

Biasanya apabila ingin membeli kebutuhan, yang tidak ada di koprasi,

Maka diizinkan keluar dan menuju pasar. karena letak pasar yang tidak jauh dari lokasi pesantren

3. Waktu Kunjung

santri ditengok

Yang istimewa lagi dari hari jum’at bagi santri yaitu waktu kunjungan walisantri untuk menengok anak nya di pesantren.

Biasanya sih hari jum’at karena waktunya lumayan lama karena kan lagi libur juga.

makanya banyak walisantri yang menengok anak nya di pesantren pada hari jum’at.

Jadi waktu kunjungan walisantri menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh santri selain bisa melepas rindu dengan orang tua.

kebutuhan yang lain juga terpenuhi dapat uang jajan, dan timbel nasi (kuluhum) untuk dimakan bersama sama di kamar.

Nah itulah keistimewaan hari jum’at bagi para santri semoga makin semangat dalam menjalankan segala aktivitasnya.

kalau hari jum’at hal apa yang kamu lakukan???

Tinggalkan komentar