Do’a Setelah Wudhu Yang Masyhur Dan 18 Manfaat Berwudhu

Do’a Setelah Wudhu- Wudhu merupakan media bersuci dari hadas kecil dengan menggunakan air yang suci dan mensucikan bagi umat Islam. Anjuran berwudhu tidak hanya untuk melaksanakan ibadah shalat saja,

Tetapi juga menunjang sejumlah ibadah lainnya, seperti membaca Alquran, thawaf, dan lainnya. Karena tidak sah suatu ibadah apabila wudhu nya tidak sah  yang tidak sesesuai rukun wudhu.

Baca juga: Hal-hal yang membatalkan wudhu

Firman Allah SWT Tentang Kewajiban Wudhu

Wudhu dambil dari bahasanya artinya adalah bersih atau indah. Namun menurut syara’ artinya adalah membersihkan anggota-anggota bagian tubuh untuk menghilangkan hadast kecil. Wudhu adalah salah satu syarat sah Sholat seperti dalam Al-Qur’an surat Al-maidah ayat 6 sebagai berikut.

Allah SWT berfirman mengenai kewajiban wudhu:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

“Ya ayyuhalladzina amanu idza kumtum ilas salati fagsilu wujuhakum wa aydiyakum ilal marafikı wamsahu bi ruusikum wa arjulakum ilal ka’bayn (ka’bayni).”

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian ingin melaksanakan shalat, basuhlah wajah dan tangan kalian sampai ke siku, dan usaplah kepala kalian dan (basuhlah) kaki kalian sampai kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

Ini menunjukkan bahwa wudhu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari orang Islam. Kaum muslimin dan muslimah harus mengerti dan paham niat wudhu, doa sebelum wudhu yang benar, tata cara wudhu dan Do’a setelah wudhu yang benar.

Menurut Abdullah Hamud al Furaih dalam bukunya yang berjudul Hadiah Indah Penjelasan Tentang Sunnah-Sunnah Sehari-Hari, kesempurnaan wudhu apabila membaca Do’a setelah wudhu..

Bacaan Do’a Setelah wudhu

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Artinya:“Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Hadits Tentang Do’a Setelah Wudhu

Dari Umar bin Khatab RA dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan:

أَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ الله، وَأَنَّ مُحَمَّدا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

‘Asyhadu an laa laaha illallaahu wa anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu.’ (Saya bersaksi tiada tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad hamba dan Rasul-Nya))

Akan dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang delapan, dia dapat masuk dari pintu mana saja yang dia kehendaki.” (HR Muslim)

Didalam kitab Fathul Mu’in dijelaskan

fathul muin Do'a setelah wudhu
fathul muin Do’a setelah wudhu

Seseorang bilamana setelah berwudhu maka bacalah dua syahadat dan menghadap kiblat lalu angkat kedua tangan

أَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ الله، وَأَنَّ مُحَمَّدا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Barang siapa yang membaca Do’a setelah wudhu membaca diatas maka dibukakan 8 pintu surga.

serta ditambah doanya dengan lafafdz:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Diriwayatkan oleh imam hakim dengan hadis yang soheh.

lalu diteruskan lagi membaca doa : سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ ، أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Maka akan ditulis dan di stempel bagi yang membacanya tidak akan terhapus sampai hari kiamat.

Diteruskan dengan membaca shalawat nabi dan membaca surat Al-Qodr sebanyak 3 x sambil mengangkat tangan dan melihat keatas.

يصلى ويسلم على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Surat Al-Qadr

اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰهُ فِىۡ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ
وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِؕ
لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ  ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ
تَنَزَّلُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَالرُّوۡحُ فِيۡهَا بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ‌ۚ مِّنۡ كُلِّ اَمۡرٍ
سَلٰمٌ هِىَ حَتّٰى مَطۡلَعِ الۡفَجۡرِ

 

Manfaat Wudhu

1. Menghapus Kejelekan

Manfaat berwudhu yang pertama yaitu dapat menghapus kejelekan. sebagaimana dijelakan dalam hadist.

Apabila seorang dari kalian berwudhu’, lalu ia menyempurnakan wudhu’nya, kemudian ia pergi ke masjid karena semata-mata hanya untuk melakukan shalat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.” (HR. At-Thabrani).

2. Meneledani Sunnah Rasul

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah pribadi yang mendawamkan berwudhu. Beliau tidak hanya berwudhu saat sholat saja, namun juga disela-sela aktivitasnya. Termasuk saat hendak berdzikir. Dalam hadist dijelaskan:

Dari Ibnu Umar, dijelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya aku tidak menyukai berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan suci.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i).

3. Mengangkat Derajat

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (HR. Muslim).

4. Didoakan Malaikat

Wudhu sebelum tidur juga memiliki manfaat luar biasa. Wudhu termasuk amalan sebelum tidur menurut Rasulullah. Keutamaan wudhu sebelum tidur malam maka ia akan dijaga dan didoakan oleh Malaikat agar dosanya diampuni. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih:

Dari Ibnu Umar r.a bahwasahnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban).

5. Dicintai Oleh Allah Ta’ala

Siapa sih yang tidak ingin dicintai oleh Allah Ta’ala, Sang Rabb Semesta Alam? Apabila Allah Ta’ala mencintai seorang hamba, maka Dia akan memerintahkan malaikat dan semua penduduk langit untuk mencintainya. Sungguh indah, bukan?

Salah satu cara untuk mendapatkan cinta Allah Swt. adalah dengan mendawamkan wudhu. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222).

6. Menghapus Dosa

Dalam hadist dijelaskan: “Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu’ kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu’ atau bersama tetesan akhir air wudhu’, hingga ia selesai dari wudhu’nya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim).

7. Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Diriwayatkan oleh Mu’adz bin Jabal bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berdzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.”

8. Bercahaya Saat Hari Kiamat

Orang yang selalu menjaga wudhunya dan melakukan cara berwudhu yang benar, maka dihari kiamat kelak mereka akan datang dengan wajah yang berseri-seri. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu’.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

“Tahukah kalian bila seseorang memilki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para shahabat menjawab: “Tentu wahai Rasulullah.” Rasulullah berkata: “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu’ mereka.” (HR. Muslim)

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu aktivitas yang dilakukan saat berwudhu adalah kumur-kumur. Nah, menurut medis, berkumur sesering mungkin dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi. Ini akan mengeluarkan sisa-sisa makanan dan kuman sehingga mulut jadi lebih bersih.

10. Menjaga Kesehatan Hidung

Gerakan wudhu bisa dikatakan sangat sempurna. Membersihkan seluruh bagian tubuh dari atas hingga bawah. Salah satunya hidung. Dengan membasuh hidung dengan air, ini akan membantu mengelurkan kotoran yang ada dalam hidung. Sehingga rongga hidung jadi lebih bersih dan sehat. Dengan demikian pernafasan juga lebih lancar.

11. Menjaga Kesehatan Telinga

Selain membersihkan kotoran dari mulut dan hidung, berwudhu juga dapat menyingkirkan kotoran dan kuman pada telinga. Anda tentu tahu bahwa telinga rentan menimbun kotoran. Apabila tidak segera dibersihkan maka bisa memicu perkembangan kuman sehingga menyebabkan infeksi.

Nah, berwudhu ini adalah metode yang tepat untuk membuat telinga lebih bersih. Daripada menggunakan cotton bud yang jutru dianggap berbahaya.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Nah, salah satu cara melindungi indra pengelihatan ini adalah dengan rutin berwudhu.

Air yang dibasuhkan pada wajah akan melunturkan kotoran serta kuman yang berada di mata dan disekitarnya. Sehingga organ mata akan lebih bersih. Dengan demikian risiko penyakit mata dapat dihindari.

13. Membantu Menghilangkan Kuman dari Tubuh

Aktivitas yang Anda lakukan setiap hari, mulai bangun tidur sampai malam hari tentu membuat tubuh jadi kotor. Memegang benda ini-itu, terpapar debu dan polusi. Belum lagi keringat yang bersemayam di tubuh. Semua itu tentu bisa menumpukkan bakteri.

Kalau sekedar mengandalkan mandi saja pastinya tak cukup untuk menjamin kebersihan tubuh. Nah, dengan wudhu secara rutin ini (5 kali sehari sesuai dengan jadwal sholat) bisa menjadi cara hidup sehat menurut Islam, menjaga tubuh tetap bersih dan terhindar dari kuman.

Sebaiknya Anda juga melakukan wudhu di sela-sela aktivitas juga, jadi tidak harus menunggu saat hendak sholat. Semakin sering Anda berwudhu maka risiko terserang kuman juga semakin bisa diminimalisir.

14. Mencegah Risiko Kanker Kulit

Berwudhu memang banyak manfaatnya. Selain mendatangkan pahala dan membersihkan tubuh dari kuman, berwudhu juga terbukti mampu meminimalisir risiko penyakit kanker kulit. Pernyataan tersebut dipaparakan dalam buku berjudul Prayer a Spot for The Body and Soul karangan Moktar Salem. Beliau menjelaskan bahwa berwudhu dapat menjaga keremajaan selaput lendir pada kulit, yang mana selaput lendir ini berperan dalam membunuh kuman dan mikroorganisme lainnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa wudhu bisa menjaga diri dari risiko kanker serta penyakit kulit lainnya.

15. Membuat Wajah Lebih Cerah

Walaupun tidak ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa berwudhu dapat mencerahkan wajah. Namun faktanya, Anda bisa melihat orang-0rang yang baik agamanya dan senantiasa menjaga wudhu maka wajahnya akan tampak cerah dan bercahaya. Berbeda dari orang ahli maksiat biasanya wajahnya justru terlihat kusam, gelap dan tidak enak dipandang. Maka itu, kalau Anda ingin punya wajah cerah enggak perlu repot-repot mengoleskan berbagai krim pemutih, cukup memperbanyak wudhu saja.

16. Mencegah Jerawat

Munculnya jerawat pada wajah dipicu oleh adanya kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit. Nah, apabila Anda malas membersihkan muka maka otomatis kulit jadi rentan berjerawat. Dengan berwudhu ini, kotoran dan minyak berlebihan pada wajah bisa disingkirkan. Kulit akan menjadi lebih bersih, sehingga jerawat atau komedo bisa dihindari.

Oiya, berwudhu ini lebih baik daripada mencuci wajah dengan sabun. Sebab pemakaian sabun berlebihan jutru membuat kulit jadi kering. Disarankan membasuh wajah dengan facial foam cukup 2 kali dalam sehari. Selebihnya Anda bisa melakukan wudhu saja

17. Menjaga Ritme Jantung Tetap Normal

Anda mungkin tidak menyangkanya, tapi faktanya berwudhu memiliki keterkaitan dnegan kesehatan jantung loh. Ini didasarkan pada penelitian seorang dokter Jantung asal Inggris bernama Ahmad Syauqy. Beliau mengatakan bahwa wudhu terbukti dapat menjaga ritme atau denyut jantung tetap stabil. Dengan demikian kesehatan organ jantung akan terlindungi dan aliran darah pun juga lancar.

18. Terapi Untuk Menghilangkan Stress

Ketika stress dan despresi datang melanda, Anda tidak perlu bingung untuk mencari cara mengatasi hal tersebut.Solusinya cukup satu yakni berwudhulah, lalu lanjutkan dengan sholat atau membaca Al-Quran. Aktivitas berwudhu ini terbukti dapat mengurangi pikiran yang stress ataupun perasaan sedih. Seorang pakar neurologis mengatakan bahwa saat berwudhu, air yang mengenai syaraf pada jari tangan dan kaki bisa meningkatkan rileksasi pada sel-sel otak. Di samping itu, air yang dibasuhkan pada wajah juga akan memberikan sensasi segar. Dengan demikian insyaAllah hati bisa jadi lebih adem.

Itulah Do’a dan keutamaan dalam berwudhu semoga kita bisa selalu menjaganya, dan selalu dalam keadaan suci.

Baca juga : Doa setelah shalat duha, tata cara dan 7 keutamaan nya

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: