Inilah Baacaan Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi– Mandi merupakan aktivitas teratur yang dilakukan segala manusia di dunia. Paling utama untuk umat muslim, kegiatan mandi yang hukumnya sunnah dapat jadi wajib.

Sebab dengan mandi berarti Kamu membersihkan diri dari hadast kecil ataupun besar semacam mandi junub misalnya.

Dalam islam terdapat adab bila hendak memasuki kamar mandi. Salah satu adabnya ialah dengan membaca doa masuk kamar mandi serta pula doa keluar kamar mandi bila telah berakhir.

Kenapa mesti membaca doa masuk kamar mandi?

Kamu wajib tetap membaca doa saat sebelum memasuki kamar mandi sebab semacam yang Kamu pahami kalau setan hendak senantiasa mengikuti manusia kemana saja manusia pergi.

Terlebih memasuki di tempat yang tidak suci semacam kamar mandi, jamban ataupun Toilet.

Dengan membaca doa hingga setan serta jin kafir hendak menghindar serta tidak mengusik Kamu pada dikala kita melaksanakan kegiatan di kamar mandi. Hingga dari itu Kamu wajib senantiasa membaca doa masuk kamar mandi serta doa keluar dari kamar mandi.

Doa Masuk Kamar Mandi

Bacaan doa ketika masuk dan keluar kamar mandi atau doa ketika masuk WC atau keluar WC sangat singkat dan mudah dipraktekkan.

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

“Allaahumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi”

Artinya

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”

Doa keluar kamar mandi

غفرانك الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

” Ghufronaka lhamdulillaahil Ladzii Adzhaba ‘Annil Adzaa Wa ‘Aa-faa-nii”

Artinya

“Dengan Mengharap ampunan Mu Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari ku dan yang telah menyehatkan ku”

Adab Masuk serta Keluar Kamar Mandi

Sehabis memahami doa masuk kamar mandi serta doa keluar kamar mandi, Kamu sebaiknya menguasai adab kala berada di kamar mandi.

Sebab sebagai muslim yang baik memiliki sopan santun serta adab dalam bermacam perihal di aktivitas tiap harinya. Salah satu adabnya ialah kala ingin masuk kamar mandi ataupun kala berada di kamar mandi.

Berikut adab masuk kamar mandi serta keluar kamar mandi yang dapat Kamu jalani:

1. Ketika akan memasuki kamar mandi, hendaklah  membaca بِسْمِ اللهِ (Bismillah) agar ketika sedang berada di kamar mandi terhindar dari gangguan setan atau jin kafir.

2. Membaca doa sebelum masuk ke kamar mandi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Ketika akan melangkah masuk ke kamar mandi, dahulukan kaki kiri terlebih dahulu. Karena kamar mandi merupakan tempat najis tempatnya setan berada.

4. Ketika berada di kamar mandi atau WC, pakailah alas kaki seperti sandal jepit atau sandal plastik.

5. Ketika berada di kamar mandi atau WC, usahakan jangan bernyanyi atau berbicara keras.

6. Ketika berada di kamar mandi atau WC, dilarang membawa ayat-ayat Al Qur’an atau mebaca ayat-ayat Al Qur’an.

7. Jika di dalam kamar mandi atau WC ingin BAB atau PUP, usahakan jangan menghadap atau membelakangi kiblat. Usahakan dengan arah menyamping, Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari). Namun jika menyamping tidak bisa, maka arahkan selain arah ke kiblat.

8. Tidak boleh menjawab salam atau mengucapkan salam dari kamar mandi.

9. Usahakan menutup pintu kamar mandi supaya aurat tidak terlihat oleh orang lain dari luar.

10. Jika sudah selesai mandi atau buang hajat, hati-hati dengan najis, ketika selesai BAB atau PUP, siram atau aliri sampai benar-benar bersih.

11. Ketika akan melangkah keluar dari kamar mandi, dahulukan kaki kanan terlebih dahulu disertai dengan membaca doa غُفْرَانَكَ yang artinya “Aku meminta ampun kepadaMu”.

Manfaat Dari Membaca Doa Masuk Kamar Mandi Dan Keluar Kamar Mandi

Ketika Anda ingin mandi atau ingin buang air kecil, Pastinya Anda akan mengeluarkan aurat atau bahkan melepas semua pakaian.

Dengan berdoa maka aurat Anda akan tidak terlihat oleh setan dan jin kafir. Dan dengan berdoa maka Anda akan terhindar dari perbuatan buruk selama di kamar mandi atau WC.

Anda tidak dapat mengetahui kapan Anda akan meninggal bukan? Mungkin saat mandi di kamar mandi atau sedang buang hajat di WC itulah ajal menghampiri.

Jika sebelum masuk kamar mandi atau masuk WC sudah membaca doa masuk kamar mandi, maka insyaallah jika ada kejadian yang sampai meninggal dunia maka dalam keadaan khusnul khotimah.

Ketika Anda berada di dalam kamar mandi, selaian mandi Anda mungkin juga melakukan buang air besar atau buang air kecil. Hal ini bertujuan untuk membuang hajat yang ada di dalam tubuh Anda. Setelah melakukan kegiatan buang hajat di kamar mandi atau WC itulah terjaga kesehatan Anda.

Maka saat Anda keluar dari kamar mandi, dianjurkan mengucapkan syukur kepada Allah SWT dengan membaca doa keluar kamar mandi. Sebagai ucapan syukur terhadap pemberian-Nya atas kesehatan yang telah menghilangkan kotoran dan penyakit dari dalam tubuh Anda.

Sekarang Anda sudah paham dan mengerti bacaan doa, adab dan manfaat doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi. Silahkan dipahami, hafalkan dan praktekkan. Usahakan jangan hanya berdoa ketika masuk WC atau doa keluar WC saja, karena umat muslim dianjurkan selalu memulai segala aktifitasnya dengan berdoa. Segala aktifitas yang diawali dengan doa maka langkah yang kan Anda lakukan akan mendapat perlindungan-Nya dimanapun Anda berada.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: