Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Yang Perlu Kamu Baca

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Awali tahun baru dengan doa, tidak terdapat buruknya, Apalagi dianjurkan Apalagi jika memanglah terdapat doa spesial awal tahun,

Sebab banyak harapan yang hendak kita ajukan kepada Allah subhanahu wa ta’ ala, Permohonan rahmat, perlindungan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, meninggal husnul khatimah, serta seterusnya.

Ada sebagian tipe penanggalan yang diketahui di Indonesia. Penanggalan- penanggalan itu semacam penanggalan Masehi,

penanggalan Hijriyah, penanggalan Jawa, serta penanggalan yang lain yang didasari perhitungan tertentu, Penanggalan Masehi memakai penghitungan Matahari sebagai patokan terhadap perputaran bumi.

Sebaliknya penanggalan Hijriyah serta penanggalan Jawa memakai perhitungan perputaran Bulan terhadap Bumi.

Sebagai umat muslim, pergantian tahunnya berpatokan pada penanggalan Hijriyah, Tahun Hijriyah hendak diawali pada tanggal 1 Muharram serta di akhiri hingga bertepatan pada 30 Bulan Dzulhijah.

Sebelum kita membaca doa awal tahun mari kita sama-sama membaca doa akhir tahun berikut ini :

Doa Akhir Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya :
Bismillahirrahmanirrahim semoga Allah melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada sayyidina muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, amal yang telah aku lupakan namun tidak engkau lupakan, engkau telah berbuat bijak kepadaku meskipun sebenarnya mampu untuk menghukumku, engkau menyeru kepadaku untuk bertobat setelah kenekatanku (bermaksiat) kepadamu, ya allah sungguh aku memohon ampunan kepadamu dari amal itu, maka ampunilah diriku. Ya Allah, dan amal yang telah aku lakukan yang engkau ridhoi dan engkau janjikan pahala dan ampunan atasnya, maka terimalah amal itu dariku. Jangan engkau putus harapanku kepada-mu, wahai zat yang maha mulia, wahai zat yang paling maha pengasih dari para kekasih. Semoga Allah ta’ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada sayyidina muhammad, keluarga dan para sahabatnya

Tata Cara Doa Akhir Tahun

Untuk kalender Hijriyah merupakan bersumber pada terhadap perhitungan bulan, hingga pergantian hari dimulai dengan waktu timbulnya bulan ataupun waktu maghrib.

Berbeda dengan hitungan kalender Masehi yang perhantian harinya di hitung mulai jam 24: 00 malam hari.

Jadi pergantian tahun islam ataupun tahun Hijriyah hendak berakhir saat sebelum mahgrib pada bertepatan pada 29 Dzulhijah. Serta dini tahun hendak diawali pada masuknya waktu maghrib pada bertepatan pada 1 Muharram.

Untuk itu tata metode mengamalkan ataupun membaca doa akhir tahun tepatnya sehabis melakukan sholat Ashar. Kamu bisa membaca doanya sehabis Kamu membaca doa sore hari. Berikut tata metode doa akhir tahun Hijriyah.

Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun

1. Doa dibaca pada bertepatan pada 29 Dzulhijah

2. Doa dibaca sehabis mengerjakan sholat ashar

3. Membaca Doa Sayyidul Istighfar ( 3 kali)

4. Membaca Sholawat Nabi ( 11 kali)

5. Membaca Ayat Sofa ( 7 kali)

6. Membaca Doa Akhir Tahun ( 3 kali)

Tata cara membaca doa pada waktu akhir tahun diatas merupakan sebagian doa bagi sebagian pendapat dari para ulama. Intinya dari tiap doa di atas merupakan bagaikan rasa syukur serta berserah diri kepada Allah.

Doa Awal Tahun

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ،

وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه،

وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى

يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya :

Ya Allah, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Memanglah tidak terdapat ketentuan kapan doa ini mesti dibaca. Memanglah baiknya doa ini dibaca seusai melakukan sembahyang Maghrib pada malam awal bulan Muharram.

Mudah- mudahan doa ini meringankan langkah kita mengarah kebaikan dunia serta akhirat, sekurangnya setahun ke depan.

Alangkah baiknya jika doa ini diiringi dengan amalan yang lain semacam puasa, khataman, sema’ an Al- Quran, sedekah, ataupun hal positif yang lain.

Hukum Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Bila Kamu menekuni serta mendalami hadits memanglah realitasnya tidak terdapat dalil yang pas menyarankan terdapatnya dzikir ataupun doa akhir tahun. Namun tidak terdapat dalil pula yang menyalahkan bacaan- bacaan yang baik dilafadzkan.

Realitasnya, tiap doa serta bacaan dzikir mempunyai arti yang baik dan nilai- nilai positif bergantung tiap orang dalam mengolahnya.

Kamu pasti terkategori bagaikan orang yang menyimpang bila mempercayai serta meyakini kalau seluruh kuasa bergantung atas doa. Perihal tersebut salah, sebab doa hanyalah bagaikan perantara Kamu untuk mengharapkan seluruh sesuatu kepada Allah.

Sehingga tidak terdapat salahnya bila Kamu mempunyai harapan yang di informasikan lewat doa akhir tahun kepada Allah yang Maha Mendengar.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: